Tips Jitu Megoptimalkan Laptop Saat Bermain Game


Hai, sobat gamer ! Pastinya tidak enak jika saat kita memainkan game yang kita suka terjadi banyak halangan dan rintangan hanya karena spesifikasi Laptop/PC rendah. Meskipun begitu kalau sudah sangat suka dengan game tersebut kita pasti tetap memainkannya, namun kalau sudah sampai kelewat batas pasti kita mencari Laptop/PC yang lebih tinggi spesifikasinya.

Saya memiliki beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut, seperti :


1. Mengurangi resolusi game

Ini sangat berpengaruh tentunya karena, semakin tinggi resolusi game maka semakin tinggi pula kualitas display game yang dimainkan. Oleh sebab itu, gunakan setting game yang tersedia dan kecilkan resolusi game tersebut ke lebih kecil. Misalnya, 1024x768 ; 800x600 ; dan ukuran lainnya.

2. Mematikan program/aplikasi yang tidak dipakai

Cara ini mungkin berpengaruh sedikit, tapi apa salahnya mencoba. Maksud dari mematikan ini adalah meng-close program yang sudah tidak kita gunakan atau "End Process" melalui Task Manager.

3. Gunakan ReadyBoost

Cara ini lumayan ampuh karena, untuk cara ini kita menggunakan Flashdisk sebagai penambah kecepatan kinerja Laptop/PC pada umumnya, dan cara ini hanya bisa digunakan untuk Win. Vista/ 7 keatas. Namun, untuk cara ini Flashdisk yang digunakan masih memilki ruang kosong sekitar 80% . Untuk menggunakan ReadyBoost pertama, Colok flashdisk - Klik kanan flashdisk - Properties - Readyboost - Use this device.

4. Gunakan Game Booster

Siapa yang tidak tau game booster, mungkin cara ini ada yang bilang berpengaruh dan ada juga yang bilang tidak berpengaruh. Game Booster sendiri fungsinya untuk menigkatkan kinerja Laptop/PC agar lebih optimal, apabila kita menggunakan Game Booster pada laptop biasanya laptop akan lebih cepat panas dan baterai akan cepat habis, pastinya sudah tau kan.

5. Setting 3D Graphic Properties

Untuk cara ini maksudnya adalah untuk mengatur kualitas 3D Laptop/PC kita menjadi lebih performa atau lebih berkualitas Cara membukanya, klik kanan desktop - Graphic Properties - Pilih advanced/basic - 3D


6. Upgrade RAM

Ini adalah cara paling ampuh pastinya, seperti saya contohnya. Sebelumnya laptop saya hanya memiliki RAM 2GB, VGA 750MB, Processor Intel Pentium 2.2GHz. Setelah saya meng-upgrade RAM, laptop saya sekarang menjadi RAM 4GB (usable 3.42GB), VGA 1557MB, Processor masih tetap, dan hasilnya sangat berbeda sekali dari yang sebelumnya. Saat saya bermain game yang sebelumnya ada "lag" dan menggunakan cara diatas, sekarang sudah lancar jaya walaupun kualitas 3D game masih kalah dengan AMD/Intel i3-i7. Walaupun kalah, yang penting sudah bisa memainkan game yang terbilang berat tanpa ada halangan dan rintangan lagi, toh beda dikit aja dari kualitas 3D nya. 

Itulah yang bisa saya bagikan, intinya semua tergantung spesifikasi Laptop/PC bawaan saat pertama kali kita membeli. Meskipun begitu cara diatas memang sedikit berpengaruh (tidak untuk nomor 6). Tips tadi berasal dari pengalaman saya yang saya alami ketika bermain game terjadi kendala saat memainkannya

*Jika masih kekurangan atau kesalahn tolong kasih tau agar jadi lebih baik.


Previous
Next Post »